You are currently viewing Ghostline rilis ‘Separation’

Ghostline rilis ‘Separation’

  • News
179375 182092081829999 5331584 n
Sebuah Tawa Dan Cerita

Mengubur legacy bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Tapi langkah ini diambil oleh band Post-Hardcore asal Surabaya, Sebuah Tawa Dan Cerita yang kini resmi menanggalkan nama lamanya dan memakai nama baru yaitu Ghostline. Setelah kehilangan vokalis/gitaris Anggie Kobo dan drummer Reka yang membentuk band The Calistung, sisa personil STDC tetap ingin menjaga nyalanya bara yang menyelimuti band ini, namun dengan nama dan entitas baru, karena mereka ingin membawa band ini lebih baik lagi kepada pendengar.

Pasca kehilangan Kobo dan Reka di tahun 2017, para personil yang tersisa yaitu Wildan Setiawan (vokal), Andy William (gitar) dan Rendha Saksila (bass) memutuskan untuk rehat sebentar dari hingar bingar panggung skena karena memilih untuk fokus pada kehidupan pribadi. Walau dibilang sedang tertidur, mereka masih memantau situasi yang terjadi di skena. Sampai pada tahun 2020 rasa rindu untuk berkarya kembali datang dan mereka mulai menulis materi baru. 

Setelah merekrut Dimas Indra sebagai drummer baru pada Mei 2021, kekuatan band ini kembali mumpuni untuk mengerjakan lagu perdananya. Akhirnya di bulan Oktober 2021 penulisan lagu ini selesai dan melanjutkan proses rekaman di Ghostline Studio dan proses mixing mastering di eksekusi oleh Simone Pietroforte dari Divergent Studio, Italia.

IMG 4509 2
Ghostline : Wildan Setiawan, Andy William, Rendha Saksila & Dimas Indra

Ghostline memainkan musik yang jauh lebih heavy dari Sebuah Tawa Dan Cerita. Mereka mengedepankan sisi emosional yang diramu dengan metalcore bertempo cepat dan kental dengan amarah, tapi tetap terdengar optimis dan uplifting. 

Separation Artwork Title
Cover ‘Separation’ By : Wildan Setiawan

“Separationadalah single pertama Ghostline sekaligus jejak awal mereka untuk kembali mengarungi kerasnya dunia heavy music lokal. Liriknya menceritakan tentang seseorang yang kehilangan sosok paling penting dalam hidup untuk selama-lamanya. Rasa kehilangan bisa membuat kita terjebak dalam penyesalan, kesedihan, frustasi dan marah yang semua diteriakkan dengan penuh penjiwaan oleh Wildan Setiawan, vokalis dan penulis lirik lagu ini.

“Lagu ini adalah projeksi dari apa yang saya alami beberapa waktu lalu. Kehilangan orang terpenting dalam hidup membawa saya harus terjebak dengan rasa sesal dan sedih. Segala perih yang saya alami membuat saya ingin membaginya dengan orang-orang lain di luar sana yang sama-sama kehilangan figur tercinta di masa pandemi. Saya berharap setiap mereka yang mendengarkan lagu ini bisa diberi kekuatan untuk melanjutkan hidup walau harus menjalaninya tanpa orang yang paling mereka sayang dan bisa melalui semua masa sulit ini dengan besar hati” ungkap Wildan.

Ghostline berharap kiprah mereka bisa disambut dengan tangan terbuka baik oleh para pendengar STDC atau para pendengar baru. Perubahan memang sulit untuk diterima namun jika tak berubah maka stagnansi adalah jawabannya, semua akan terasa membosankan dan rentan untuk akhirnya bisa dilupakan.

Ghostline adalah warna baru dalam skena heavy music di Indonesia.

“Separation” telah resmi dirilis pada tanggal 12 Desember 2021 dan music videonya bisa disaksikan di kanal Youtube Ghostline

Ditulis oleh:

Raga Maharasta – 14 Desember 2021



Ghostline “Separation” Song Credits :

Produced by: Ghostline

Recorded at: Ghostline Studio
Mixed & Mastered by : Simone Pietroforte (Divergent Studios – Italy)

Music Video by: Ghostline Prod & Alexa Visual

Artwork & Logo By: Wildan Setiawan

Leave a Reply