You are currently viewing ARTICLE : PUNK & MOHAWK

ARTICLE : PUNK & MOHAWK

Gaya rambut mohawk ini sempat populer pada beberapa tahun yang lalu dan sering diidentikkan dengan anak punk. Tetapi sesungguhnya nama mohawk ini berasal dari salah satu suku Indian yang bertempat tinggal di lembah Mohawk yang saat ini menjadi wilayah dari New York. Gaya rambut ini pada mulanya digunakan sebagai identitas bagi orang-orang dari suku tersebut terutama mereka yang memiliki gelar sebagai prajurit.
Gaya rambut mohawk merupakan gaya yang paling menidentitaskan seorang punkers. Model rambut mohawk adalah rambut yang terpangkas di bagian sisi kanan dan kiri kepala dan menyisakan rambut di bagian tengah. Rambut yang tersisa itu kemudian ditegakkan hingga lurus ke atas.
Rambut mohawk sendiri memiliki pemaknaan yang berbeda di antara punkers. Makna-makna tersebut, yaitu:
Sebuah wujud ekspresi eksistensi punkers yang lebih ekstrem. Hal itu untuk menunjukkan keberadaan punkers yang berbeda dengan masyarakat yang selalu seragam akibat ulah kapitalisme.
Sebagai simbol perlawanan punkers yang ingin hidup bebas dan tidak ingin ditindas. Punkers memiliki analogi “kalau rambut bisa berdiri tegak, kenapa hati dan pikiran mau diperintah untuk ditindas”.
Sebagai solidaritas terhadap suku Indian yang selalu ditindas orang imigran kulit putih yang datang ke Amerika Serikat. Mohawk diambil dari gaya rambut salah satu suku Indian perang bernama Mohican. Mohawk pun menjadi simbol akan perlawanan.

Leave a Reply