You are currently viewing 5 Album Metal Lokal Terbaik 2021

5 Album Metal Lokal Terbaik 2021

Di tahun 2021 ini tak terasa akan segera berganti dengan tahun yang baru, hidup berdampingan dengan kondisi pandemi seperti yang telah kita lewati dan terbatasnya ruang gerak untuk sebuah event live musik. Dikarenakan keterbatasanya itu banyak para
musisi yang memanfaatkan kondisi ini untuk tetap produktif menggarap karya terbaiknya, terbukti di tahun ini banyak sekali Album, Mini Album dan Single yang rilis ditahun ini. Dan Inilah 5 album metal lokal terbaik pilihan redaksi kami:

  1. Gore Infamous – Excaeco Deconception
JA8LJl50Zv4

Ikonik dengan nuansa cover album operasi bedah, 4 personil brutal death metal asal Bandung ini wajib masuk rilisan terbaik 2021. Album Gore Infamous bertajuk ‘Excaeco Deconception’ sukses dirilis oleh band sendiri. Secara keseluruhan materi yang mereka ciptakan tetap pada koridor khas dengan tempo diatas 240bpm ditambah guest vocal Matti Way menambah lengkap sadisnya ‘Visions in Mourning’. Brilliant untuk Gore Infamous.

2. Viscral – Entrance Into Terrifying Imagery

a1371337413 10

Sempat tertunda pada 2020 karena situasi dan kondisi yang tidak kondusif. Bukan halangan untuk Viscral merilis album ‘Entrance Into Terrifying Imagery’ pada 2021. Konsisten dengan warna musiknya, Viscral hadirkan sound lebih modern, lebih berat namun tetap natural. 9 track terkemas memukau dan sukses dirilis oleh Blackandje Records. Perlahan namun pasti, rilisan fisik band Bekasi ini selalu berhasil menjadi item incaran para penggila brutal death metal.

3. Gerogot – Heading to Eternal

950427 1

Gerogot menjadi satu nama deretan album terbaik 2021 versi kami. Pasalnya band besutan si pria plontos cerdas Aditya Prakoso ini berhasil menyuguhkan dimensi baru, melalui album mereka ‘Heading to Eternal’ dibawah naungan Brutalmind. Akselerasi riffing yang mengayun, lebih memberikan groove dibanding album sebelumnya. Ini menjadi poin fresh dalam 9 lagu brutal death metal asal Surabaya tersebut tanpa menghilangkan agresifitas.

4. Dusk In Silence – Beneath The Great Sky of Solitude

a3614161213 10

Hadir dari tanah Blitar, Dusk In Silence adalah representasi band Atmospheric Black Metal yang cukup sukses mengemas apik keindahan album pertamanya ‘Beneath The Great Sky of Solitude’. Debut albumnya melalui Flowing Downward, kental menebarkan nada yang ‘shimmering’ dan melankolis, tentunya ini akan menjadi rekomendasi yang positif sebagai pilihan baru ditengah produktifitas musik death metal Tanah Air. Waktunya rehat, Dusk In Silence bisa menjadi obat penawar.

5. Sensor Motorik – Percentage of Death Rate

COVER ART SENSOR MOTORIK 1

Menutup akhir tahun dengan Slamming, Sensor Motorik luncurkan ‘Percentage of Death Rate’ sebagai 1st full length album mereka yang dirilis oleh Metalgear Music. Salah satu band produktif dari Bekasi ini dikenal sangat potensial. Menggilas dan membunuh terarsir dalam art covernya menandakan keganasan track ‘Accidental Head Transposition’ hingga ‘Traffic Injury’ wajib banget untuk disimak. Let’s bang your head!

Sebetulnya masih banyak album, EP ataupun Single yang terbaik ditahun ini, dengan adanya WFH banyak musisi yang memanfaatkan untuk memikirkan segala karya terbaiknya. Dengan kemajuan teknologi yang sangat memudahkan para musisi untuk berkarya meskipun tanpa harus bertatap muka. Ditahun yang akan datang mungkin banyak sekali rilisan-rilisan yang bagus akan rilis, perkembangan dunia musik di Indonesia sangat menjamur dan akan terus ada band & musisi yang baru.

Leave a Reply